Sunday 6 November 2016

Hari Santri Nasional

Dan Allah memang selalu memberikan yang terbaik pada hambanya. Dua bulan setelah pernikahan, istriku diam-diam membeli alat tes untuk mengetahui kado apa yang allah kasih. Sampai akhirnya "bu kita main ke bidan yu, kebetulan hari ini jadwal untul suntik paksin" ajaknya suatu hari. Akupun menuruti mengantarnya ke seorang bidan yang dekat dengan rumah kontrakan kami. 

Sesampainya di bidan, istriku memperlihatkan hasil tes yang sepintas aku lihat ada dua strip warna merah. Bu ade seorang bidan dengan kerudung besar tersenyum pada kami. "selamat, ibu hamil" katanya. Aku melihat istriku tersenyum lebar. "ibu kapan terakhir haid? " sambungnya. "17 februari bu" istriku menjawabnya singkat. Kulihat si ibu mengambil sehelai kertas dan menuliskan angka-angka... "bu, berdasarkan perhitingan ibu positif hamil. Usia janin ibu 6 minggu sekian hari dan perkiraan kelahiran nanti tanggal 24 nopember" jelasnya. (bapak agak lupa berapa pasnya bidan menyebutkan... Maap)
.
Hatiku bergetar, ruangan ac terasa hangat menjulur seluruh tubuhku, bibirku tersungging bahagia, ingin rasanya berteriak dan bersujud syukur atas kado yg allah berikan. Amanah yang allah percayakan pada kami berdua. Begitu cepat. Disaat ada beberapa pasangan yang harus menunggu bertahun-tahun untuk memiliki anak. Disaat yanh sama ada ribuan ibu yang dengan tega membunuh janinnya. Kami berdua dipercaya untuk memiliki keturunan. Kami dipercaya untuk membesarkan seorang manusia ciptaan allah.
.
Pikiranku terhenti, saat istriku bilang. "bu nopember nanti, kamu jadi seorang bapak"
"bapak? "racauku dalam batin.
.
Anaku engkau adalah manusia yang allah titipkan pada kami.
Sebagaimana orang yang di titipi, ijinkan kami berdua merawatmu/menjagamu.
Kita isi hari-hari kedepan bertiga. Aku, ibumu dan kamu nak...
Tapi, ingat nak di dunia ini ada banyak jutaan orang yang sudah lebih dulu ada sebelum kamu. Pergauli mereka dengan cara yang allah dan rasulnya tentukan dalam quran dan sunnahnya dan tentunya aturan daerah dimana kamu tinggal. Kita tinggal di indonesia nak.
.
Nak, akan banyak tuhan di dunia ini. Tapi, kamu harus ingat tuhanmu, tuhan kita hanyalah Allah...
.
Sebentar lagi kau akan melihat dunia yang lebih besar dari duniamu hari ini. Aku nadzarkan engkau menjadi seorang perempuan bak khadijah, aisyah, fatimah yang senantiasa memperjuangkan tegaknya Islam. Islam yang rahmatan lil 'alamin.
.
Eh iya lupa nak, hari ini ditetapkan sebagai hari santri nasional. Suatu saat engkaupun akan mengalami menjadi santri seperti bapakmu, ibumu, ua-uamu, teteh/aa sepupu dulu...santri itu terdiri empat hurup hijaiyah nak. Yaitu: sin, nun, tho, ro.
Syin = PR buat kamu nak...
Nun = Naibul ulama, engkau adalah pengganti dan penerus para ulama
Tho = THoriqul ma'asy, engkau harus selalu menjauhi maksiat
Ro = Ridhollah, dan yang paling penting apapun yang kamu kerjakan selama hidupmu niatkan untuk mencari ridho allah.
.
.
Bapakmu,
22 oktober 2016
Sambil nunguu yang lagi senam hamil.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Themes | Bloggerized by Lasantha - Modified By MangABU | indahnya berbagi