Thursday 26 April 2012

Jika Nikah itu Ibadah

Trek..trek..trek...nyanyian jarum jam dingdingku yang konsisten menemaniku tiap detik. Samar-samar pantulan wajahku mulai jelas terlihat dicermin, cahaya matahari yang menerobos jendela kamarku membuat kamarku agak sedikit terang. Aku masih terduduk di depan cermin. Pikiranku seakan liar entah kemana. Kulirik teman setiaku sudah menujuk ke angka 6. Berarti sudah 3 jam aku duduk di depan cermin...”uhhhhhhhh” aku menghela nafas panjang tanpa tau apa yang aku pikirkan. “Yah inilah takdirku“ kicau batinku. Padahal hari ini Aliyudin akan menikah. Teman satu kamarku di Pesantren As Syabab. Dia terpaut 5 tahun lebih muda dariku. Usianya kini baru menginjak 22 tahun. Siang ini dia akan melangsungkan pernikahan dengan seorang gadis teman kuliahnyanya...jauh-jauh hari sebelum akad pernikahan dia mewanti-wanti kalo aku dan penghuni pesantren jangan sampe ga datang di hari pernikahannya....harusnya aku bahagia...tapi tidak tau kenapa aku malah jadi galau gini....
 
Perlahan aku buka jendela kamar, ‘ccccccssssssssss’ udara pagi yang dikirim gunung belakang asrama seakan menyambut pagi ini. senyuman matahari yang nampak malu-malu perlahan sudah mulai tersenyum lebar. Seolah dia tau akan hatiku yang sedang merindukan kehangatan sinarnya....”ayo semangat”....teriak matahari padaku...

Mas..mas....” Lamunanku buyar oleh suara si Amir......”mas Fhatur Ente lagi ngapain di dalem???” “lama amat dandannya? ....” Ente mau ikut ga ke nikahnnya si Aliyudin??”  Amir nyerocos di depan pintu.....aku sangat kaget dan hampir sajah gelas yang dipegangku terjatuh.....”Mir..Ente ini gimana sih, ga bisa apa ngomongnya ga pake toa??.....”ya ialah aku pasti dateng”....”ini juga lagi siap-siap tahu”... Jawabku ketus....”Amir...Amir bikin kaget aja” gerutuku.....si Amir ini orangnya tinggi, dan rambutnya agak sedikit ikal...katanya sih wajahnya kaya artis sinetron...siapa gitu namanya. Dia baru 7 bulan di pesantren ini, tadinya dia ngekos bareng teman-teman satu kampungnya, Tegal. Kalo bicara suaranya itu...ampun deeeh..... Sering juga aku bilangin kalo ngomong itu ga mesti teriak-teriak....eh boro-boro di dengar dia malah ngeyel...”waduh toh mas sampeyan ini piye toh..ini suara dikasih bapake...ini juga udah kecil....?” dengan logat tegalnya yang sangat medok.

***

Mobil sewaan yang kami pesanpun datang, setelah semuanya siap, rombonganpun meluncur ke Ciamis, tempat Ali menikah. Sepanjang perjalanan kami beberapa kali negor si Amir yang ga mau diem, terlebih Ustad Nana dan Umi Elis membawa si kecil dan nyuruh megangin ke si Amir...lengkap sudah itu toa berbunyi....”Ente Kapan nikah Fhat???”  Ustad Nana tiba-tiba nanya, “ jangan kalah ama si Ali dong....masa seniornya kalah nih???”....tambahnya sambil ngusap-ngusap pundaku....”wah ustad bisa ajah, kan masih banyak ibadah lain selain nikah tad” jawabku sekenanya.....ya jawaban itulah yang selalu aku lontarkan kalo teman-temanku nanyain soal nikah....”Ente ini harus ingat bos, kalo nikah itu satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang sudah mampu, dan Ane tau kalo Ente itu sudah mampu untuk melakukannya, mau nunggu apalagi? “ ...”ntar lama-lama karatan loh” candanya....”ya mi?”...manggil uminya yang duduk di depan samping supir.....”iyah”...sahut umi Elis... ”iya Fhat, dengerin tuh Abi.....kamu tuh dah mampu....dosa loh kalo di tunda-tunda” menguatkan Imamnya...mendengar mereka kompak seperti itu, jurus kedua aku keluarkan sambil garuk kepala ga gatel...”sebetunya bukan ga mau nikah tad, Surat Undangan, Hari, tanggal pernikahan udah siap tad...tinggal satu lag  yang belum beres”...ngelak....”apa itu?” tanya si  ustad menatapku serius....” nama perempuannya tad...hehehe”.....”ah Ente ini..” ustad Nana sambil geleng-geleng.... Sebetulnya pernah ada satu gadis dalam hidupku yang tidak pernah aku ceritain kesiapapun, Nazmi aku memanggilnya lengakpanya Nazmi Lailatul Qadriah, hubunganku dengannya awalnya hanyalah sebatas hubungan antara pengurus di organisasi Mahasiswa....Biasalah hubungan kami terkondisikan berawal dari buli-buli teman-temanku di sekretariat. Sepanjang hubungan kami, tak ada sedikitpun nilai-nilai romantis apalagi pacaran. Kami hanya ketemu di skretariat kalo ada rapat mingguan. Sampai akhirnya kami menyepakati untuk bertunangan...

***

Satu minggu setelah hari tunanganku berlalu, aku bukannya bahagia, keraguan malah muncul di pikiranku, betul aku mengenalnya sangat lama. Sehingga aku tau betul siapa dia. Satu komitmen yang kami sepakati, jika suatu hari dia berbohong, maka hubungan kami berakhir. Kebiasaannya berbohong sudah sangat mendaging. Sehingga aku membuat peraturan seperti itu dan dia menyepakati.
Sampai berita itupun nyampai padaku, berita yang statusnya sangat shohih, membuat aku memutuskan untuk mengakhiri hubungan tunangan kami. Aku tau betapa sangat kecewanya nazmi akan keputusan ini, “inilah konsekwensi” kataku lirih.....bukan hanya nazmi dan keluarganya, tapi keluargaku juga sungguh sangat menyayangkan. Bagiku bohong adalah satu hal yang sangat prinsif dalam suatu hubungan. Sehingga aku yakin dengan keputusanku ini...kamu ingatkan cerita sahabat dulu, ada seorang kafir Qurais ingin masuk Islam, dan datang ke Nabi. Ya Nabi saya ingin masuk Islam apa syaratnya? Nabi Menjawab: “Jangan Berbohong”...ternyata bohong itu sangat fatal. Termasuk dalam hal pernikahan.  

***

“Para hadirin....kita Sudah sampai” Umi Elis menghanyutkan lamunananku....Kulihat Amir masih tidur...”wah ini giliranku”....mir...mir...bangun mir..” ku berteriak di samping telinganya....kontan dia langsung berdiri..dan “duk” kepalana kena dasbor mobil..”wah lu fhat...bikin gw kaget aja”...sahutnya sambil  liat kaca spion sambil menyisir rambutnya yang acak-acakan....”Impas bro” kataku sambil turun mengikuti Ustad Nana. Kulihat Keluarga Aliyudin sudah berdiri menjemput kedatangan kami, kamipun dipersilahkan untuk mencicipi makanan terlebih dahulu sambil beristirahat setelah perjalanan Bandung-Ciamis yang memakan waktu 5 jam, Kulihat dari kejauhan senyum lebar Aliyudin kepada tamu-tamunya, senyum kebahagian, senyum yang akan mengantarkan kesempurnaan Islam seseorang. Karena konon kata Rasulullah bahwa mereka yang belum menikah itu baru menjalankan Islam separuhnya....

Setelah sejenak beristirahat kami menghampiri Aliyudin, seperti halnya tamu-tamu lain kami mengucapkan selamat atas pernikahannya, semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah...pokonya kaya gituan lah....

“Ente kapan nyusul Bro” bisiknya disaat aku menyalami... ”sante brader...tunggu aja tanggal mainnya, entar tau-tau aye kabarin Ente...kalo besok aye nikah....hehehehe” jawabku....
Setelah mengucapkan selamat kepada Ali, kamipun berpamitan kembali ke Bandung. Sepanjang perjalanan kuihat Ustad Nana, Umi Elis, Amir, dan si Kecil Humaira langsung tertidur pulas. Rupanya mereka kelelahan setelah perjalanan tadi dan sekarang Ciamis-Bandung. Wajar kalo mereka sangat kelelahan.

Kini tinggal aku dan supir berdua yang masih melek. Pikiranku kembali melayang, aku mungkin bisa sajah mengelak pertanyan-pertanyan semua orang tentang kapan aku menikah, tapi sesungguhnya aku tidak bisa membohongi hatiku, bahwa aku merindukan pernikahan. Tanpa sepengetahuan mereka aku sudah berusaha berikhtiar, dengan jalan teman ataupun ngomong langsung. ya Cuma sekarang belum ada hasilnya aja, dari 4 orang yang aku tembak, 2 orang menolak tegas, 1 orang menolak halus dengan alasan mau ngejar cita-cita dulu...dan 1 orang lainnya masih belum ada jawaban...”tapi kemungkinan yang ini masih ada harapan”...Semangatku...aku juga terkadang bingung apa aku yang kurang dalam menebar jaring untuk menjemput dia, atau memang tuhan sedang mengujiku, “tenang saja Fhat yakinlah Tuhan sedang menyiapkan yang lebih baik dari dia. Ya aku memang urakan, aku bukanlah anak pesantren sungguhan yang hafidz beberapa juz quran, tapi kamu harus yakin bahwa di dunia ini Cuma ada dua tipe manusia. Baik dan buruk. Dan aku deklarasikan kalo aku orang baik...”, Cerocosku dalam hati...

****

Jam 11 malam kami tiba di asrama, lebih tepatnya kontrakan, Cuma kami menyebutnya pesantren, karena di kontrakan kami ada seorang dosen yang mengajar di UIN Bandung dan keilmuan agamanya pun  lumayan tinggi, jadi kami sering sharing seputar agama..sehingga kami memanggilnya ustad, dan istrinya kami panggi umi, dikontrakan yang terdiri dari 5 kamar itu, merekalah yang sudah menikah dan baru punya satu anak, dan sisanya kami bertiga, Aliyudin sekarang sudah semeter 6, Amir dia baru semester 4...dan aku sendiri sekarang sedang menyelesaikan S2 di UIN. Aku dan Aliyudin sering tidur bareng 1 kamar. Kadang di kamar Ali kadang dimakarku...ya biasa sepanjang malam kami diskusi tentang masalah-masalah kekinian atau kalau ga, kami sebatas ngobrol ngalor ngidul...termasuk masalah nikah tentunya. Walaupun aku sering bareng tapi aku belum pernah bilang kalo aku dulu pernah bertunangan, sehingga aku selalu menasihatinya agar cepat-cepat nikah, kalo sudah punya calon, karena godaannya sangat berat, terlebih satu kampus dan tinggal di bandung lagi...”Waaaah godaanya berat men....kalo ga kuat iman...bisa-bisa imin yang ga kuat....hehehe” celetuku pada Ali.

***

Kurebahkan badanku di kasur yang sudah lama tidak aku jemur, kasur butut yang aku bawa 5 tahun yang lalu dari kampung halaman Cianjur yang selalu setia seakan menjadi saksi sejarah atas mimpi-mimpiku yang aku ucapkan sebelum tidur.

Trek..trek..trek...suara itu kembali kudengar, menjadi instrumen pengantar lamunanku...”jika nikah itu ibadah...kenapa sangat sulit aku menggapainya ya Allah”...tanyaku dalam hati...”kapan engkau mengirimkan sebagaian tulang rusuku...aku sungguh tak berdaya  ya Allah menahan godaan di luar sana, aku bukanlah seorang malaikat atau para Nabi yang bisa bertahan, tapi aku tidak mau tergolong bersama makhlukmu bernama syaitan”....pintaku dalam hati.

Tamat 
Mohon maaf apabila ada kesamaan nama,tempat atau pengalaman. ini hanyalah cerita piktif belaka..jika ada kesamaan itu sepenuhnya hanya kebetulan...

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Themes | Bloggerized by Lasantha - Modified By MangABU | indahnya berbagi