Wednesday 18 April 2012

Walimah itu Murah loh.....


Di Masyarakat istilah walimah sudah sangat tidak asing lagi, walimahan itu berupa upacara yang diselenggarakan untuk merayakan pernikahan,sunatan dan lain sebaginya. Dikampung kelahiranku nampaknya hampir seluruh kepala keluarga pernah ngadain walimahan. Ya bentuknyapun beragam , ada yang hanya sebatas makan-makan, ada juga yang mengundang hiburan dengan organ tunggal, qasidahan atau hiburan-hiburan lainnya dan  entar malam harinya dilanjut dengan pengajian umum (ceramah), kebanyakannya gituh....  Pokonya itu panggung minimal 2 hari 2 malam nongkrongin rumah shohibul hajatdeh.....Walhasil tidak sedikit dari mereka yang kurang berkemampuan dari sisi finansial memaksakan minjam ke pihak ketiga baik itu Bank ataupun yang lainnya demi terselenggaranya walimahan. Alasannya sih sederhana, bahwa pernikahan yang diadakan hanya sekali dalam seumur hidup, so pasti prosesnyapun tidak bisa diselnggarakan biasa-biasa sajah, harus meriah. Disamping itu ada kewajiban lain yang tak kalah pentingnya, bagi keluarga perempuan yang hendak menikahkan anak gadisnya mereka harus mempersiapkan perlengkapan seisi rumah tanggga dari mulai piring, sendok, lemari, kursi sampai tempat tidur, dan perlengkapan lainnya pun sebaliknya bagi pihak laki-laki mereka akan mempersiapkan rumah untuk tempat tinggal setelah resmi menikah. Tentunya hal seperti ini lain daerah lain kebiasaan, sehingga untuk di majalengka sendiri kebiasaan antara daerah selatan (hulu) dan daerah timur (hilir) ini sangat jauh berbeda. Terlebih di daerah perkotaannya kebiasaan semisal ini nampaknya tidak terlihat. 
Kebiasaan seperti ini sudah berlangsung sejak lama, sehingga seringkali banyak pemuda yang mengurungkan keinginannya untuk menikah, karena alasan belum siap secara ekonomi. Disudut lain dengan adanya tradisi seperti ini banyak juga yang setelah mengadakan walimahan pihak keluarga harus menanggung hutang ke bank selama beberapa tahun.
Waduuuuuh melihat model kaya gini, aku rada sedikit takut nih kalo hal semisal ini terus berlangsung bisa dipastikan bakal banyak kawula muda yang menunda pernikahan dengan alasan belum siap...entar nambah lagi organisasi baru KPK ( Kumpulan Pemuda tidak Kawin)........Padahal kalo menurut aku nih konsep pernikahan tidak serumit itu....bener ga??
Dalam sebuah riwayat yang berbunyi:
عَنْ اَنَسٍ فِى قِصَّةِ صَفِيَّةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص جَعَلَ وَلِيْمَتَهَا التَّمْرَ وَ اْلاَقِطَ وَ السَّمْنَ. احمد و مسلم
Dari Anas tentang kisah Shafiyah bahwa sesungguhnya Nabi SAW mengadakan walimah (pernikahannya) dengan kurma, keju dan samin. [HR. Ahmad dan Muslim].

Dari hadits diatas sangat jelas bagaimana konsep pernikahan yang diajarkan rasulullah dengan sangat sederhana.Walaupun istilah katanya sekali seumur hidup, tapi kalo misalnya malah menyengsarakan setelahnya meningan itu duit di pake modal awal pernikahan....ya ndo??? 

Sesungguhnya islam itu sangatlah mudah sob, hanya saja kita selaku ummatnya yang seringkali membuat susah dengan alasan-alasan sederhana yang sepintas masuk akal.

Sama halnya dalam ibadah saum yang sebentar lagi akan menemui ummat muslim, dalam hal makanan untuk berbuka puasa, seringkali ummat muslim di kita disibukan untuk mencari makanan yang namanya kurma, diperkuat lagi kata pa ustad dalam ceramahnya di mushala dianjurkan untuk berbuka dengan kurma yang ganjil atau makanan yang manis-manis. Nah permasalahannya sekarang kita ini di Indonesia bung, sepertinya sobat semua pasti sepakat kalo kurma itu bukan makanan keseharian kita, bener kan??? Jadi kalo saja yang berpuasa memaksakan mencari kurma untuk berbuka bahakan ada yang lebih ekstrim nyari kurma yang tempo hari di makan oleh rasulullah, apa itu ga ngada-ngada???? 

up...up..up kojadi ngelantur ke puasa yah....sory guys suka kebablasan.

udah ah....

Kembali ke....leptop....

Jadi intinya gini sob walimahan itu sebetulnya sangat mudah,murah dan sederhana....ya walaupun persepsi sederhana dan murah tiap orang pasti beda-beda. Jangan sampai kita kehilangan essensinya tentang konsep awal dari walimah itu sendiri. Yaitu untuk menginformasikan kepada khalayak tentang pernikahan kita sekaligus bentuk syukur kita dnegan menjamu para tamu undangan....gitu brader...

Cuma permasalahannya sekarang ada ga yang  mau dengan konsep sederhana, untuk jamuannya cukup dengan nasi liwet, ikan asin, sayur asem dan sebangsanya, karena sehari-hari makanannya kaya gituan...hehehe

Yang pasti sobat semua jika mau ngambil sesuatu yang beda dari kebanyakan orang, siap-siap ajah jadi selebritis dadakan....

Are you ready???????
Yes..yes...yes.....gitu dong jawabnya  

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Themes | Bloggerized by Lasantha - Modified By MangABU | indahnya berbagi